Apa Sih Hang Tag Itu? Kenali Fungsi dan Cara Pembuatannya!

Apa Sih Hang Tag Itu? Kenali Fungsi dan Cara Pembuatannya!

Dalam produk apapun, merk sangatlah penting untuk memberi identitas pada barang tersebut, baik itu makanan, furniture, gadget, maupun pakaian. Jika tidak memiliki merk, maka diibaratkan sebagai seseorang yang tidak memiliki keahlian. Karena itulah, jika Anda sedang ingin membuka suatu bisnis atau membuat sebuah produk, jangan lupa cantumkan merk Anda agar bisa dikenal orang.

Biasanya, merk atau identitas produk, khususnya di dunia fahion diletakan di hang tag. Jika Anda perhatikan di tag sebuah item busana, di situ akan terlihat nama merk, ukuran, serta harga. Tidak heran kalau tag ini juga dikenal dengan sebutan price tag.

Jika Anda membeli baju baru, lebih baik jangan langsung dilepas, karena Anda masih bisa mengganti barang tersebut jika ukurannya tidak sesuai dengan tubuh Anda. Ingat! Penjual tidak akan menerima pengembalian atau penukaran kalau tag pada barang tersebut dilepas, jadi jika Anda belum yakin jangan dilepas dulu, ya tagnya.

Anda yang sedang membuka usaha konveksi pun juga harus jeli, apakah hang tag untuk busana buatan Anda sudah ada atau belum. Pastikan calon pembeli mengenal merk Anda, sehingga pakaian yang Anda jual bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 

Fungsi Hang Tag Apa Sih? Haruskah Kita Menggunakannya?

Seperti yang sudah sempat dijelaskan di atas, hang tag sangatlah penting untuk mengenalkan merk atau identitas Anda ke calon pembeli. Tanpa adanya penanda tersebut, barang Anda tidak akan mudah dikenal oleh banyak orang, karena tag sendiri bisa dijadikan media iklan secara tidak langsung. Selain menjadi media iklan, tag memiliki beberapa fungsi.

1. Merk dagang bisa diperkuat

Semua calon pembeli tentunya ingin membeli pakaian yang berkualitas baik. Hal pertama yang mereka lihat pastinya adalah merk dagang. Jika memberikan penanda pada busana buatan Anda sendiri, merk Anda pun bisa semakin diperkuat dan lambat laun akan lebih terkenal.

Tapi ingat, kalau Anda memang sudah menentukan target pasar, hal tersebut akan menjadi lebih mudah. Untuk itu pertimbangkan target pasarnya terlebih dahulu agar fungsi hang tag bisa lebih optimal.

 

2. Keputusan calon pembeli bisa semakin dipengaruhi

Berbeda dengan media promosi lainnya, tag pada pakaian lebih efektif karena memuat informasi mengenai barang tersebut, mulai dari harga, cara pencucian, sampai negara pembuatannya. Belum lagi desain yang dipakai unik, sehingga membuat calon pembeli melihatnya dan mempertimbangkan pembelian barangnya.

Dengan begitu, kemungkinan untuk membeli barang Anda akan semakin besar. Jadi, gunakan saja penanda yang unik agar calon pembeli mudah datang ke produk Anda.

 

3. Pemalsuan produk bisa terhindar

Saat ini, pemalsuan produk sedang meningkat, sehingga calon konsumen sulit mengetahui apakah barang yang Anda jual atau asli. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan hang tag dengan desain yang berbeda dari yang lain. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan keunikan tersendiri yang tidak bisa diikuti oleh orang lain.

 

4. Media promosi yang ampuh

Di atas tadi sempat dijelaskan kalau tag bisa dijadikan media iklan yang sangat efektif. Alat ini berbeda dengan media promosi lainnya yang kebanyakan hanya dibagikan langsung ke calon konsumen, karena tag sendiri sudah menempel di sebuah produk.

Menempelnya secara langsung di produk tentu akan memudahkan calon pembeli melihat harganya dan merknya.

Bagaimana Cara Membuat Desain Hang Tag Sendiri?

Dari beberapa fungsi di atas, pastinya Anda sudah memahaminya, bukan? Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk memuatkan penanda identitas dagang Anda pada produk yang dijual. Anda bisa memesannya di jasa pembuat tag atau label baju. Namun, kalau Anda memiliki desain sendiri, tidak ada salahnya membuatnya sendiri.

Hanya saja Anda harus membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena kalau terburu-buru hasilnya tidak akan memuaskan. Berikut beberapa langkah untuk membuat desain hang tag sendiri di rumah.

 

1. Siapkan desain dan pakai software yang tepat

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum membuat tag sendiri adalah membuat desainnya. Sebenarnya untuk membuat sebuah desain cukup mudah, apalagi kalau Anda orang yang kreatif dalam menghasilkan sesuatu. Namun, kalau memang tidak bisa, mintalah bantuan orang lain untuk membuat desainnya.

Hal lain yang harus Anda persiapkan juga adalah software yang dijadikan media pembuat skema tag. Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa Anda pakai untuk merancangnya, mulai dari Photoshop, Illustrator, InkSpace, GIMP, Corel Draw, Xara Designer Pro, dan masih banyak aplikasi yang bisa pakai.

Tapi, software terbaik untuk merancang skema tag Anda adalah Illustrator, karena aplikasi tersebut tergolong pengolah gambar vektor yang lebih baik dari yang lainnya. Dengan begitu, desain yang nantinya akan diberikan pada rumah label atau tag akan lebih sempurna, karena tidak akan pecah dan jenis hurufnya tidak ada yang hilang.

 

2. Pilihlah warna dengan baik

Dalam membuat sebuah desain, pemilihan warna adalah langkah yang cukup sulit dan sangat penting. Kenapa? Karena warna bisa mewakili karakter dari merk dagang Anda dan menjadi penarik perhatian calon konsumen. Jadi, tentukan terlebih dahulu warna merk dagang Anda dan masukan ke dalam hang tag Anda.

Jika sesuai dengan merk Anda, calon konsumen akan mudah ditarik untuk melihatnya, apalagi menggunakan warna-warna tertentu yang mudah mengundang minat membeli.

 

3. Jangan lupa berhati-hati memilih jenis huruf

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda hiraukan adalah pemilihan jenis huruf. Jenis-jenis huruf tentunya sangat banyak dan Anda bingung memilihnya. Namun, tetap saja Anda harus menyesuaikannya dengan karakter merk dagangnya.

Kalau Anda masih kesulitan, Anda bisa membuka situs yang menyediakan macam-macam font secara gratis. Dengan begitu, Anda akan mudah menemukan huruf apa yang akan dipakai di hang tag.

 

4. Nama produk jangan lupa dicantumkan

Merk adalah identitas dari pembuat sebuah produk, bukan? Jadi, jangan lupakan sematkan nama merk Anda pada desain tag yang Anda buat. Hal ini harus wajib Anda lakukan karena tanpa adanya nama merk, barang yang Anda jual akan sulit dikenali.

Merk dagang adalah faktor nomor 2 ketika calon konsumen sedang melihat-melihat sebuah produk. Kemudian, setelah membelinya, pembeli tersebut akan mengingat nama merk-nya. Jadi, jangan lupa cantumkan nama produk Anda di tag barangnya.

 

5. Informasi kontak juga bisa Anda cantumkan

Jika nama produk sudah dimasukan, jangan lupa juga sisipkan informasi kontak pada hang tag barang Anda. Item yang satu ini memang jarang sekali dilakukan, tapi tidak ada salahnya Anda memasukannya juga. Konsumen yang sudah membeli produk Anda nantinya bisa menghubungi langsung untuk memesan barang yang sudah dibelinya.

Selain itu, mereka juga dapat menanyakan lebih lanjut mengenai produk-produk lain yang Anda jualkan. Kalau sudah selesai, Anda bisa memberikannya ke pembuat tag untuk dibuatkannya. Tapi jangan lupa, pilih jasa pembuatan label baju murah, agar tidak menghabiskan budget Anda.

Bagaimana? Apakah Anda masih ragu-ragu membuat hang tag untuk produk jualan Anda? Lebih baik jangan berpikir 2 kali untuk memberikan tag pada bisnis konveksi yang sedang dijalani. Anda pastinya ingin barang-barang tersebut terkenal dan banyak orang yang membelinya, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *